Inspektorat Provinsi Sulawesi Tengah

Layanan Pengaduan Masyarakat

Kategori: Layanan Pengaduan Diterbitkan: Sabtu, 19 Maret 2016 Ditulis oleh Webmaster

Dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi menuju Good Governancce melalui E-Governance, Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah melakukan sebuah Inovasi pelayanan publik dengan menyediakan layanan Unit Pengaduan Masyarakat Secara Online. Penanganan pengaduan masyarakat merupakan salah satu tugas Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2007, yakni menangani pengaduan masyarakat mengenai adanya indikasi terjadinya penyimpangan, Korupsi Kolusi dan Nepotisme yang dilakukan oleh aparat Pemerintah dan atau Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan.

Selain dalam mewujudkan E-Gonvernance, inovasi Unit Pelayanan Penanganan Pengaduan Masyarakat secara On-Line berangkat dari kondisi dimana dalam menyampaikan pengaduan, masyarakat yang membuat laporan pengaduan masih merasa tidak nyaman dikarenakan rasa takut yang timbul ataupun sanksi sosial lainnya . Selain itu juga, kondisi wilayah Sulawesi Tengah yang cukup luas, menimbulkan kesulitan masyarakat dalam hal menuju kantor Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Sehingga inovasi ini diharapkan bisa menyelesaikan permasalahan kondisi yang ada.


PELAKSANAAN DAN PENERAPAN
Elemen-Elemen Penanganan  pengaduan  pada  dasarnya  adalah  kegiatan  penyaluran pengaduan,  pemrosesan  responds  atas  pengaduan  tersebut, dan laporan  penanganan  pengaduan.

Sumber atau Asal Pengaduan
Adalah  masyarakat,  baik  secara  individu  maupun  kelompok,  darimana komplain  atau  pengaduan  berasal.  Patut  ditekankan  di  sini  bahwa  pihak pengadu  tidaklah  terbatas. Sangat mungkin  terjadi bahwa pengaduan  suatu permasalahan  ternyata  disampaikan  oleh  tokoh  masyarakat, LSM lokal,  wartawan/pers  atau  kelompok  masyarakat  lainnya.  Pengaduan masyarakat  terkadang  disuarakan  secara  formal,  terkadang  hanya menjadi gunjingan di antara mereka.

Isi Pengaduan
Adalah  permasalahan  yang  diadukan  oleh  pihak  pengadu.  Aduan  bisa menyangkut berbagai macam hal, mulai dari kesalahan prosedur, kesalahan sikap staf manajemen, kualitas  layanan, dan sebagainya. Khusus mengenai isi komplain yang berkaitan dengan kinerja dan prilaku staf, maka nama staf yang  terkena  komplain wajib dirahasiakan  sampai  komplain  telah  tertangani secara tuntas.

Unit Penanganan Pengaduan
Adalah  satuan  yang  disediakan  oleh  setiap  institusi  untuk  mengelola  dan menanngani pengaduan darimana pun berasal dan melalui saluran manapun. Hasil dari olahan unit ini adalah responds pengaduan.

Responds Pengaduan
Adalah  responds  yang  dihasilkan  oleh  Unit Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis On Line (UPPMB- On Line) Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Responds ini kemudian disampaikan kepada pihak yang berwenang.


Laporan Penanganan Pengaduan
Dari Laporan Pengaduan yang diterima oleh Unit Pelayanan Pengaduan Masyarakat Berbasis On Line (UPPMB- On Line),wajib menindaklanjuti dengan melakukan penelitian atau Pemeriksaan dan membuat Laporan Pengaduan tersebut.

 

Form Pengaduan - Download

Dilihat: 1289