Inspektorat Provinsi Sulawesi Tengah

SOSIALISASI PROYEK PERUBAHAN POLA PEMERIKSAAN TERARAH DAN FOKUS BERBASIS PENGADUAN MASYARAKAT ANTI KORUPSI

Sosialisasi Proyek Perubahan Pola Pemeriksaan ter arah dan Fokus berbasis pengaduan Masyarakat anti Korupsi dilaksanakan pada tanggal 13 Mei 2016, yang mana merupakan Proyek Perubahan yang dilakukan oleh Suryani, SH., MM dalam rangka mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat III, beliau konsen pada Penangan pengaduan masyarakat yang merupakan  serangkaian proses berupa penelahan monitoring, konfirmasi, klarifikasi dan atau audit dengan tujuan tertentu/ pemsus untuk mengungkap kebenaran hal yang dilaporkan, tindak lanjut pengaduan masyarakat adalah kegiatan aksi yang harus dilakukan oleh pimpinan atau pejabat pada unit kerja  yang berwenang atas rekomendasi hasil penelahaan dari pengaduan yang disampaikan.

Sesuai Tugas dan fungsi Inspektur Pembantu Wilayah I salah satunya adalah melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pembangunan, sehingga dalam rangka mewujudkan reformasi birokrasi menuju good govermance melalui e-governance dilakukan langkah penanganan pengaduan masyarakat secara online. Penanganan pengaduan masyarakat merupakan salah satu tugas Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Tengah sebagaimana diatur dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 tahun 2007, yakni menangani pengaduan masyarakat mengenai indikasi terjadinya penyimpangan, korupsi, kolusi, dan nepotisme yang dilakukan aparat pemerintah dan atau pemerintah Daerah dalam penyelenggaran Pemerintahan. Untuk menindak lanjuti penanganangan pengaduan masyarakat secara online, dan melalui kotak pengaduan sudah dilakukan oleh Inspektorat akan tetapi tindak lanjut dari laporan masyarakat  belum dibuatkan regulasi pelaksanaan penanganan pengaduan masyarakat. Dari laporan masyarakat yang sudah terindikasi ada temuan maka reformer melakukan inovasi dalam pemeriksaan adalah merubah pola atau jenis pemeriksaan komperehensif menjadi pemeriksaan yang lebih terarah dan fokus pada SKPD yang mendapatkan Pengaduan dari masyarakat terkait dengan pelaksanaan pembangunan di Daerah  sehingga kepercayaan masyarakat akan menjadi lebih baik.